Strategi Percepatan Terbaik Pada Proyek Konstruksi

Untuk mengatasi keterlambatan yang terjadi pada proyek konstruksi dilakukan langkah atau strategi percepatan proyek (schedule compression).

bypass-dam-hoover


Oleh : Budi Suanda
Engineering-Research-Innovation Manager & Technical Advisor
Project Management Expert & Trainer


Percepatan proyek di samping akan mengurangi durasi pelaksanaan, akan menambah biaya proyek. Sehingga untuk menjaga keseimbangan atas the project constraint antara waktu dan biaya, maka strategi yang dilakukan haruslah yang berdampak pada percepatan yang sebanyak-mungkin dimana biaya tambahan yang terjadi adalah sekecil –mungkin serta masih memenuhi persyaratan. Adapun strategi percepatan terbaik yang berdasarkan pengalaman yaitu :

  1. Prioritas pada jalur kritis – Aplikasi jalur kritis untuk percepatan proyek konstruksi telah terbukti, seperti pada proyek Hoover Dam (Gambar 1). Prioritas jalur kritis dilakukan pada perencanaan, urutan pelaksanaan aktivitas, ketersediaan sumber daya, dan penyelesaian masalah.
  2. Zoning pekerjaan jalur kritis sekecil mungkin – Berdasarkan pengalaman mengerjakan proyek konstruksi sebelumnya, aktivitas jalur kritis telah diketahui untuk pelaksanaan proyek berikutnya. Pekerjaan akan lebih cepat apabila area zoning pada jalur kritis dibuat sekecil mungkin.
  3. Menggantikan sumber daya manusia dengan alat – Pelaksanaan dengan menggunakan sumber daya manusia memiliki produktifitas yang lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan alat. Adapun contohnya adalah penggunaan alat Automatic Plastering Machine (lihat Gambar 2).
  4. Prioritas pekerjaan yang multi-fungsi – Dengan banyaknya aktivitas dan masalah di proyek, maka memprioritaskan pekerjaan yang multi-fungsi akan membantu kecepatan pelaksanaan proyek. Adapun contohnya adalah mempercepat pelaksanaan atap pada bagian tertentu suatu bangunan agar dapat cepat melindungi bagian dalam bangunan atas cuaca (hujan). 
  5. Menggunakan alat dengan produktifitas terbaik – Peralatan proyek konstruksi terutama peralatan berat adalah tulang punggung kecepatan pelaksanaan proyek. Produktifitas alat menjadi salah satu kunci kecepatan proyek. Oleh karena itu, proyek harus memprioritaskan alat dengan tingkat produktifitas yang terbaik.
  6. Mempercepat pelaksanaan sejak awal proyek – Mempercepat pelaksanaan di awal pada dasarnya adalah untuk mengurangi tingkat multi-tasking yang terjadi pada pertengahan masa pelaksanaan proyek konstruksi. Sehingga kebutuhan sumber daya dapat dikurangi dan akan lebih fokus dalam melaksanakan dan mengendalikan pekerjaan selanjutnya.
  7. Pemanfaatan sumber daya lokal sebanyak mungkin – Proyek konstruksi tidak selalu berada pada pusat sumber daya. Seringkali proyek konstruksi berada di daerah remote. Mendatangkan sumber daya pada daerah itu akan membutuhkan waktu dan biaya ekstra. Untuk memangkas waktu transportasi, maka dapat memanfaatkan sumber daya lokal terdekat
  8. Menggunakan material yang multi-fungsi – Dengan banyaknya tahapan pekerjaan pada proyek konstruksi, maka penggunaan material yang multi-fungsi akan dapat mengurangi durasi pelaksanaan. Adapun contohnya adalah penggunaan metal deck pada pekerjaan pelat lantai.
  9. Menggunakan material setengah jadi atau material jadi – Penggunaan material atau bahan yang sudah setengah jadi, akan memangkas durasi pelaksanaan pekerjaan proyek konstruksi. Adapun contohnya adalah penggunaan material sandwich panel (Gambar 3)
  10. Disain prefabrikasi tinggi – Proses ini yaitu disain elemen tertentu dari bangunan dengan aplikasi konsep prefabrikasi yang tinggi. Umumnya elemen yang didisain dengan cara ini adalah elemen yang dengan tingkat kesulitan pelaksanaan yang tinggi. Adapun contohnya adalah pada elemen toilet (lihat Gambar 4)
  11. Penggunaan material struktur mutu tinggi – Penggunaan material dengan mutu lebih tinggi pada struktur yang sama, akan mengurangi volume kebutuhan material. Berkurangnya volume akan berdampak pada berkurangnya durasi pelaksanaan. Adapun contohnya adalah penggunaan besi mutu fy 500 MPa yang akan mengurangi jumlah kebutuhan besi fy 400 MPa sekitar 15%-20%. Hal ini berarti akan mengurangi durasi aktifitas pembesian sekitar 10%-15%.
  12. Menggunakan metode prefabrikasi – Metode prefabrikasi merupakan metode yang mengolah material mentah menjadi setengah jadi. Melakukan prefabrikasi dapat dilakukan sebelum pekerjaan dilakukan, sehingga akan memotong waktu pelaksanaan. Adapun contohnya adalah prefabrikasi bekisting, prefabrikasi besi tulangan kolom, prefabrikasi beton atau precast, dan lainnya.
  13. Aplikasi metode modularisasi – Metode ini adalah perkembangan terbaru atas metode prefabrikasi dimana dilakukan pada multi-elemen bangunan dalam bentuk yang hampir jadi. Metode ini dapat mempercepat pelaksanaan konstruksi secara signifikan dan aktif dikembangkan oleh berbagai negara, salah satunya Cina. Metode ini dapat dilihat pada Gambar 5
  14. Aplikasi metode pelaksanaan bersifat dua arah – Proyek konstruksi memiliki banyak ketergantungan yang membuat pekerjaan harus dilakukan secara berurutan sesuai ketergantungan antar pekerjaan. Aplikasi metode pelaksanaan yang bersifat dua arah bertujuan untuk mengurangi tingkat ketergantungan antar pekerjaan tersebut. Adapun contoh dari metode ini seperti metode top-down construction.
  15. Menghilangkan aktivitas saling ketergantungan yang tidak perlu – Terdapat beberapa aktivitas pada proyek konstruksi dapat dihilangkan. Contohnya adalah pada pekerjaan bored pile. Pengecoran bored pile umumnya dilakukan hingga elevasi permukaan tanah. Padahal, elevasi yang diperlukan adalah berada di bawah tanah. Sehingga harus dilakukan pembongkaran pondasi bored pile yang berada di atas elevasi rencana. Untuk menghilangkan aktivitas ini, dilakukan dengan dengan membatasi beton di atas elevasi rencana dan sesegera mungkin membuang beton di atas elevasi rencana segar sedemikian hingga elevasi atas beton sesuai elevasi rencana.
  16. Strategi khusus atas masa pengerasan beton – Beton adalah elemen utama hampir semua jenis proyek konstruksi. Mempercepat pekerjaan beton akan mempercepat pelaksanaan proyek secara signifikan. Namun beton memerlukan waktu cukup lama untuk mendapatkan kuat tekan tertentu, sehingga diperlukan strategi khusus untuk mengatasinya. Adapun contoh strategi adalah penggunaan metode shoring pada pekerjaan bekisting.
  17. Menyiapkan proteksi atas kondisi alam – Untuk mengatasi masalah dimana kondisi alam yang menghambat pekerjaan proyek konstruksi, maka harus disiapkan berbagai proteksi. Contohnya adalah proteksi hujan saat pengecoran dengan menggunakan tenda (Gambar 6)
  • Toilet Prefabrikasi
    Toilet Prefabrikasi
    Contoh toilet Pre Fabrikasi (bca.gov.sg)
  • Sandwich Panel (Gambar 3)
    Sandwich Panel (Gambar 3)
    Contoh penggunaan material sandwich panel
  • Automatic Plastering Machine  (Gambar 2)
    Automatic Plastering Machine (Gambar 2)
    Penggunaan alat Automatic Plastering Machine
  • Konstruksi Hoover Dam (Gambar 1)
    Konstruksi Hoover Dam (Gambar 1)
    Aplikasi jalur kritis untuk percepatan proyek konstruksi telah terbukti, seperti pada proyek Hoover Dam.

Setiap strategi memiliki kelebihan dan kekurangan serta mensyaratkan kondisi-kondisi tertentu untuk dapat berjalan efektif dan memberikan hasil yang optimal dimana dengan tingkat percepatan yang tinggi dengan biaya yang efisien. Oleh karena itu, pada rekomendasi strategi yang telah diberikan dan dijelaskan di atas, penggunaannya harus dengan memperhatikan kondisi dan situasi proyek yang unik. Rekomendasi strategi percepatan tersebut juga dapat dilakukan beberapa penyesuaian sesuai kebutuhan untuk dapat diaplikasikan dengan hasil yang sesuai tuntutan dan optimal bagi proyek konstruksi.

Referensi : Buku Advance & Effective Project Management – Budi Suanda S.T., M.T., 2016

1 Comment

  1. Mantap…informasinya sangat bermanfaat

    Mari bergabung dengan website http://www.sipilpoin.com yang memBahas Kumpulan Ilmu Proyek Konstruksi Bangunan. Saling share ilmu dan pengalaman dalam dunia konstruksi banguanan.
    Demi kemajuan dunia konstruksi INDONESIA.
    ilmu konstruksi bangunan
    ……….
    Silakan Join dengan cara klik ” SUBSCRIBE” untuk langganan email.
    ………
    atau
    ………
    Klik tombol Follow …
    …………

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*