Tim Pakar TCI

jpg-1Tri Budi Utama, lebih sering dipanggil TBU oleh teman dan sejawatnya, lahir di Kartasura, Sukoharjo 22 Juli 1964. Ia meraih Insinyur Teknik Sipil UGM tahun 1989 dan S-2 juga di UGM tahun 1998. Berbagai kursus bidang sumber daya air pernah diiukuti, sebagai menjadi best presenter pada Advance Water Leader (K-Water, Daejon City Korea, 2013), dan best graduate pada Training of Trainer for Integrated Water Resources Management (UNEP, Andong City Korea, 2014).

Beberapa karyanya antara lain, Rencana (Master Plan) Pengelolaan Sumber Daya Air (RPSDA) Wilayah Sungai Bengawan Solo; RPSDA (Master Plan) Wilayah Sungai Progo Opak Serang; Pola (Kerangka Dasar) Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Seputih Sekampung; Pola (Kerangka Dasar) Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Kepulauan Riau. Sejak tahun 2012 hingga kini, TBU menjadi tenaga ahli bidang sumber daya air di Bappeda Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.


widjoWidjo Kongko lahir di Banyumas Juli 1967. Pendidikan hingga SMA ditamatkan di Purwokerto. Meraih Insinyur Teknik Sipil Hidro di UGM tahun 1992 dan Master Teknik (M.Eng.) bidang Teknik Sipil dan Lingkungan di Universitas Iwate Jepang tahun 2004. Tahun 2011 menyelesaikan disertasi doktoral teknik (Dr.-Ing.) di Universitas Leibniz Hannover Jerman pada departemen Teknik Sipil dan Geodesi dengan konsentrasi studi di masalah kegempaan dan tsunami.

Pengabdiannya di BPPT dari 1997 hingga sekarang, sebagai perekayasa di Laboratorium Teknik Pantai BPPT di Yogyakarta. Keahliannya di bidang survei hidro-oceanografi. Widjo sudah menerbitkan buku dan lebih dari 30 publikasi di jurnal internasional.


haryoHaryo Dwito Armono, lahir di Belitung 10 Agustus 1968. Pada tahun 1993 ia meraih Sarjana Teknik di Teknik Sipil UGM. S-2 dicapai dari Memorial University of Newfoundland, St. John’s, NF, Canada dan S-3 di Queen’s University, Kington, ON, Canada.

Sejak 1995 mengabdikan sebagai dosen Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Selain mengajar ia juga aktif di berbagai kegiatan profesi dan pengabdian masyarakat di antaranya, anggota Tim Penyusun Pedoman Umum Reklamasi Pantai (Februari–Juni 2004), Departemen Kelautan dan Perikanan; Ketua Tim Sedimentation Studi On Approach Bridge of Suramadu Project (2005); Ia juga menjadi Wakil Sekjen Konsorsium Mitra Bahari Regional Center Jawa Timur.


johnJohn Odhius, lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat. John meraih gelar Sarjana Teknik dari Jurusan Teknik Sipil UGM pada tahun 1995. Ia menjalani profesi bidang pemberdayaan dan pembangunan masyarakat pada periode 2002-2014.

Pemegang lisensi nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai Assesor untuk sertifikasi kompetensi bidang fasilitator pemberdayaan masyarakat ini dipercaya menjadi Ketua Pokja Desa dan Perdesaan pada Rumah Transisi Pasangan Presiden Jokowi-JK pada Agustus 2014. Sejak awal 2015 menjadi tenaga ahli Kemendesa PDTT bersama organisasi KOMPAK/ DFAT Australia memberikan dukungan dalam implementasi UU Desa.

 


doniDoni Muhardiansyah, lahir di Banda Aceh, Indonesia pada tahun 1968. Meraih gelar Insinyur dari Jurusan Teknik Sipil UGM pada tahun 1992, serta Magister Sains dan doktor bidang administrasi bisnis dari Universitas Indonesia masing-masing pada tahun 1999 dan 2007.

Bekerja di industri jasa konstruksi, EPC, dan transportasi dan logistik selama kurang lebih 13 tahun (1992-2005). Pernah mengabdi di Komisi Pemberantasan Korupsi (2005-2013) dengan jabatan terakhir sebagai Direktur Penelitian dan Pengembangan. Kini ia mengabdikan keahliannya di salah satu BUMN yang bergerak di industri pupuk, kimia, pangan, logistik, EPC, dan perdagangan. Ia bertanggung jawab dalam mengembangkan corporate governance, risk management, anti-corruption, dan fraud control system.


jpg-12Hery Budianto, lahir di Tanjungkarang, Lampung, 14 Oktober 1969. Pendidikan sarjana ditamatkan di Teknik Sipil UGM, Yogyakarta. Studi pascasarjana, baik master dan doktor dirampungkan di ITB Bandung.

Tahun 1997 mengawali karier sebagai dosen Diploma Teknik Sipil UGM. Mulai tahun 2015 beraktivitas di Fakultas Teknik UGM. Tahun 2008 hasil risetnya diproduksi dengan merek Matos dan DIFA Soil Stabilizer.

Ia masih riset pembangkit gelembung mikro (bubbles generator) untuk unit Flotasi Udara Terlarut (Dissolved Air Flotation).


jpg-2Rahman Hidayat, lahir di Sungai Gerong, Palembang. Sarjana (S-1) Teknik Sipil Program Studi Hidrologi UGM diraihnya tahun 1992. Dilanjutkan meraih Master (2000) dan dokter (2004) di Coastal and Ocean Enginering Laboratory Univeritas Kyushu, Jepang. Post-dokrotal bidang Coastal Community Resilience from Earthquake and Tsunamis di Mugero Laboratory, IIS the Universitas Tokyo, dan dalam waktu bersamaan juga sebagai reaseach associate pada Pogram Universty Network on Climate and Ecological Change and Adaptation Reaseach (UNCECAR) di Institute for Sustainability and Peace, United Nations University, Tokyo 2010.

Kariernya di BPPT diawali sebagai insinyur (fungsional perekayasa) pada tahun 1993. Jabatannya terus meningkat hingga menjadi Kepala Balai Pengkajian Dinamika Pantai BPPT (2011-2015). Sejak pertengahan 2015, ia diangkat sebagai Asisten Deputi Infrastruktur Pelayaran, Perikanan dan Pariwisata pada Kantor Kementerian Koordinator Maritim dan Sumber Daya.


jpg-7Aan Supriadi dilahirkan di Kepahiang, 19 September 1970. Pendidikan SD – SMA di Bengkulu. Kemudian melanjutkan pendidikan di Jurusan Teknik Sipil UGM dari tahun 1989-1996.

Setelah Lulus kuliah di tahun 1996 s.d 2000 Bekerja di PT PP-Taisei Indonesia Construction sebagai cost and schedule control dan terakhir menjadi Site Engineering Manager di Proyek Mal Bekasi. Kemudian sempat berwiraswasta selama kurang lebih 2 tahun, sebelum kemudian bekerja selama 8 bulan di PT Agung Sedayu Group, PT Mastautin Jasa Negeri, dengan fokus pekerjaan utama meliputi Architecture Design dan Civil Engineering Design. Sejak Tahun 2013 bekerja sebagai General Manager PT Dwi Agung Sentosa Pratama di Bintaro-Tangerang Selatan. Secara profesional saat ini lebih banyak mengurus manajemen perusahaan yang terkait dengan Engineering dan Operation, dimana saat ini pekerjaan lebih banyak di Oil and Gas Project seperti di ExxonMobile, Pertamina dan Geodipa Energi. Selain ada beberapa pekerjaan sipil di Pelindo 3 dan beberapa tempat lain.


jpg-14Hermawan Ardiyanto, Lahir di Banjarnegara, 12 November 1970. Pendidikan SD-SMA di tamatkan di Banjarnegara, Jawa Tengah. Selepas Itu melanjutkan pendidikan ke Jurusan Teknik Sipil UGM dan menjadi salah satu alumni Teknik Sipil UGM Tahun 1990. Pada tahun 1998 melanjutkan Pendidikan Magister Managemen UGM dan di raihnya tahun 2004.

Hermawan Ardiyanto merupakan founder dan CEO JIS Corp (PT. Inti Beton), perusahaan yang memfokuskan pada produk beton precast dan concrete engineering untuk wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT dan Timor Leste. Tahun 2010 PT Inti Beton melakukan pengembangan usaha dengan memproduksi produk-produk beton pracetak, untuk memenuhi permintaan kebutuhan produk beton pracetak di wilayah Jawa Tengah dan DIY yang semakin meningkat.

Tahun 2014 seluruh kegiatan konstruksi dihentikan untuk fokus di bidang produksi beton pra cetak. Agar lebih dikenal dan memudahkan pemasaran, PT Inti Beton memberi Brand pada produk yang dihasilkan dengan nama INTICON.


jpg-13Samsul Purba, lahir di Jandi merah, Tanah Karo, Sumatera Utara. Tepatnya 11 Juli 1969. SD-SMA diselesaikan di Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Selepas itu merantau ke Yogyakarta dan melanjutkan pendidikan S1 Teknik Sipil UGM Tahun 1989.

Selepas lulus dari Teknik Sipil UGM bergabung dengan PT. Asana Wirasta Setia 1992 sebagai Assistant Engineer. Tahun 1995 bergabung dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, berbagai jabatan pernah diraihnya mulai dari Technican, Project Manager hingga Site Manager pernah ia jabat. Tahun 2015 menjadi Investment Manager di PT. Waskita Toll Road sampai Maret 2016.

Proyek-Proyek konstruksi seperti : Construction of Runway Kuala Namu Airport, Medan, North Sumatera, Construction of Padamaran 1 and 2 Bridge (Cable Stayed Bridge), Construction of Pasteur-Cikapayang-Surapati Elevated Road and Bridge, Widening of Jagorawi Toll Road, Section Cibubur-Cibinong, Construction of Batam-Tonton Cable Stayed Bridge pernah ia tangani. Saat ini, Samsul Purba bergabung dengan ITDC (Indonesia Tourism Development Center) sebagai Division Head Business Development ITDC.


ibu-andiAndi Rahmah lahir, 12 Juli 1972. Setelah menjadi Insinyur sipil bidang transportasi dari FT UGM tahun 1996, ia melanjutkan pendidikannya dan meraih gelar magister teknik di bidang yang sama dari UI pada tahun 2001.

Setelah menjadi Insinyur sipil bidang transportasi dari FT UGM tahun 1996, ia melanjutkan pendidikannya dan meraih gelar magister teknik di bidang yang sama dari UI pada tahun 2001. Menjadi dosen teknik sipil di FT Universitas Pakuan sejak tahun 1999 sampai sekarang, Andi Rahmah melakukan berbagai kegiatan pada kurun waktu yang sama sebagai peneliti bidang transportasi. Diantara kegiatan yang dilakukannya adalah menginisiasi sistem BRT di Jakarta melalui proyek ILCI pada tahun 2002-2004, menjadi anggota tim pembuatan proposal GEF Transportasi untuk Jakarta pada tahun 2006, mengikuti beberapa konperensi/simposium nasional dan internasional sebagai pembicara maupun peserta. Serta menjadi tim leader untuk berbagai kegiatan kajian bidang transportasi yang dilaksanakan untuk kementerian perhubungan, dan  pemerintah provinsi.

Andi Rahmah juga aktif melakukan kegiatan advokasi yang mendorong lahirnya Perda 2/2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, dan Perda 5/2014 tentang Transportasi di DKI Jakarta.  Selain itu, ia juga melakukan advokasi di parlemen sebagai tenaga ahli anggota di bidang transportasi dan tata ruang sejak tahun 2011 hingga sekarang.


jpg-4Sawariyanto, lahir  dan menyelesaikan pendidikan dasar hingga SMA, di Medan. Setelah itu  melanjutkan pendidikan di Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Sipil, Program Studi Transportasi, Universitas Gadjah Mada (UGM), dan lulus tahun 1996. Sempat menjadi pengawas lapangan, di kantor konsultan PT. Geokarya (1996-1999), sebelum hijrah menjadi Wartawan Majalah Berita Mingguan Gatra (1999-2006).

Setelah itu meski berpindah-pindah kerja,  tulis menulis adalah bidang yang paling sering digeluti.  Beberapa lembaga yang sempat disinggahi untuk bekerja adalah Tim Teknis Nasional (TTN) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Gempa DIY-Jateng, Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh-Nias  dan United Nations Development Programme (UNDP). Sejak tahun 2009 hingga sekarang bekerja di Indonesian Land reclamation & Water management Institute (ILWI).

Selama berkiprah dalam bidang tulis menulis, tercatat beberapa buku yang sempat diterbitkan baik sebagai penulis ataupun anggota tim penulis. Diantaranya ;  Potret Jurnalistik Pemilu Langsung Simpul Islam Indonesia dari Moderat Hingga Garis Keras; Membangun Daerah Rawan Bencana Dengan Kearaifan Lokal ; Panduan Penanganan Bencana Bagi Pengambil Kebijakan dan Pelaksana Program ; Manajemen Koordinasi dan Pemantauan Rehabilitasi dan Rekonstruksi  Pasca Gempa DIY dan Jateng ; Setelah Geulombang dan Lindu, dan beberapa buku lainnya. Disamping itu juga menjadi editor untuk  buku berjudul  Sistem Polder & Tanggul Laut, Penanganan Banjir Secara Madani di Jakarta ; Memasuki Era tanggul Laut, Harapan Baru di Teluk Jakarta .


jpg-3Moh Fuad Bustomi Zen, lahir di Jepara 4 Maret 1968. lulusan Sarjana Teknik Sipil Hidro UGM tahun 1993 dan Pasca Sarjana Teknik Sumber Daya Air, Program Pasca Sarjana UGM tahun 2000. Setelah lulus terjun di konsultan professional sebagai tenaga ahli konsultan dalam bidang survey investigasi dan perencanaan sumber daya air dan bangunan air selama 24 tahun. Tahun 1992 sebagai asisten di CV KAREINA dan Yayasan AREINA, Tahun 1999 – 2006 sebagai koordinator Tim Back-Up konsultan Studio Mino, yang diinisiasi oleh Prof Sudjarwadi. Bersama Studio Mino disamping melaksanakan kegiatan-kegiatan konsultansi juga menyelenggarakan Kursus Singkat Sistem Sumber Daya Air Dalam Otonomi Daerah sebanyak 7 kali. Sejak tahun  2006, mendirikan dan mengelola perusahaan konsultan PT Adiguna Mitra Terpercaya Consultants yang berkedudukan di Sleman.

Sejak tahun 2001, mengabdikan diri sebagai pengajar tamu di FTSP UII  Yogyakarta, untuk mata kuliah Rekayasa Hidrologi, Drainase Perkotaan dan Pengembangan Sumber Daya Air.


jpg-10Ahmad Munaji lahir di Purwokerto, Jawa Tengah, pada tanggal 30 September 1966. Menyelesaikan pendidikan S1 dari Jurusan Teknik Sipil FT UGM tahun 1990.  Mengawali karir sebagai perencana struktur PT Arkonin di Jakarta (1991 – 1992), Ahmad Munaji kemudian pindah dan bergabung dengan beberapa kontraktor bidang sipil.

Pengalamannya antara lain sebagai Field Engineer Proyek PT PP (Pembangunan Perumahan) pada Proyek PLTGU Belawan – Medan (1992 – 1993),  Site Manager PT SAC Nusantara pada Proyek Irigasi Bila – Sulawesi Selatan (1993– 1995), Project Engineer PT Eptco Purindotama pada Proyek Perluasan Pabrik Semen Nusantara – Cilacap (1995 – 1996), dan Filed Engineer TOA Corporation pada Proyek PLTU Paiton, Jawa Timur (1996). Sejak awal 1997, Ahmad Munaji bergabung dengan kontraktor EPC (Engineering, Procurement, dan Construction) PT Inti Karya Persada Tehnik (IKPT) Jakarta. Tugasnya berturut-turut sebagai Field Engineer Proyek Sulfuric Acid & Waste Water Treatment Plant Gresik (1997 – 1998), Civil Advisor Proyek CGS 10 Chevron, Duri – Riau (1999-2000), Civil Superintendent Proyek Infield Piping Chevron, Duri – Riau (2001 – 2002), Deputy Civil Superintendent Proyek Betara Gas Development Petrochina – Jambi (2003 – 2005), Civil Superintendent Proyek Gas Processing Facilities Amerada Hess – Gresik (2005 – 2007).

Pengalaman internasionalnya adalah tugas di Libya sebagai Technical Manager proyek apartemen Ainzhara  di Tripoli dan Apartemen Sebha di Sebha (2007 – 2008). Setelah itu dia bertugas sebagai Supporting Engineer Proyel MNK Cikampek (2009) dan Proposal Engineer beberapa proyek EPC. Selanjutnya dia ditugaskan sebagai Civil Superintendent Proyek Coal Boiler Pupuk Kaltim (2010 – 2011), Civil Lead Engineer Proyek PLTP Ulubelu, Lampung (2011 – 2012), Project Management Consultant (PMC) Proyek PAU Luwuk (2012 – 2013), dan Civil Superintendent Proyek Rawa Modification ConocoPhillips – Sumatera Selatan (2013). Sejak tahun 2014, Ahmad Munaji bergabung dengan PT Suluh Ardhi Engineering, salah satu kontraktor swasta bidang EPC di Jakarta sebagai CMT (Construction Management Team). Pengalamannnya antara lain sebagai Construction Manager Proyek Gas Metering Grissik, Sumatera Selatan dan Proyek Pengembangan Gas Pakugajah, Sumatera Selatan.


jpg-5Fathoni Arief di Tulung Agung, tanggal 16 Mei tahun 1981, Pendidikan SD-SMA di Tulung Agung. Melanjutkan pendidikan S1 di Teknik Sipil Masuk UGM. Setelah Lulus kuliah menjadi koresponden majalah Pendidikan di wilayah Yogyakarta selama setahun sebelum akhirnya hijrah ke Jakarta. proposal film berjudul “Impian diatas Awan” masuk 10 besar kompetisi Film Dokumenter Eagle Award 2007.

Di Ibukota, Fathoni Arief sempat bergabung dengan Harian Kontan. Namun, Tahun 2010 Ia kembali ke Yogyakarta, sejak saat itu hingga sekarang masih menjalani karir sebagai Penulis dan sambil mengaplikasikan Ilmu Sipil sebagai Hobi. Fathoni Arief, juga menggambar rumah dengan mendalami program pemodelan 3D Sketchup dan di share sebuah Blog bernama (Belajar Sketchup). Selain itu Ia, tengah merintis pembuatan web seputar dunia konstruksi untuk menyalurkan hobi menulisnya sekaligus sumbangsih sebagai Alumni Sarjana Teknik Sipil di konstruksiana.com


jpg-11Anami lahir di Purworejo, 12 September 1973. Pendidikan SD – SMA di selesaikan di Purworejo sebelum menyelesaikan S1 Teknik Sipil UGM.

Setelah selesai kuliah tahun 1997 langsung terjun ke wiraswasta bidang utama adalah perdaganan ikan laut. Menyusuri pantai selatan sepanjang Cilacap hingga Pacitan, dan pantai utara dari Juwana hingga Surabaya. Usaha ikan saat itu kurang berhasil, tahun 1999 masuk sebagai konsultan irigasi, bernaung di bawah PT Bina Karya dan PT Virama Karya di NTT. Tahun 2001  membangun usaha perkayuan di Jogjakarta. Sambil berwiraswasta pada tahun 2012 berhasil mendapat gelar MBA dari Magister Manajemen UGM. Saat ini yang menjadi fokus usaha adalah pertambangan galian C dan rekayasa material bahan bangunan


 

Kelompok Pakar


Bidang Sumber Daya Air:

Ir. Tribudi Utama, MT

Ir. Lilik Retno Cahyadiningsih, M.Eng

Fuad Bustomi, ST, MT

Ir. Dwi Joko Winarno, M.Sc

Tirta Sutedjo, ST, MWRM

Hernita Nasir, ST, M.Sc.

Fikri Abdurrahman, ST, M.Sc

Isyafrizal, ST

Bidang Teknik dan Sumber Daya Kelautan:

Dr. Ir. Rahman Hidayat, M.Eng

Dr.-Ing. Ir. Widjokongko, M.Eng

Ir. Haryo Dwito Armono, M.Sc, Ph.D

Gibran, ST, M.Sc,

Bidang Transportasi dan Logistik: 

Ir. Richard Napitupulu

Ir. Sapka Adiantara, MM

Dr. Noor Mahmudah, ST, M.Sc

Syarifuddin, ST, MT

Ahmad Izzul Waro, ST, MT

Bidang Struktur dan Teknologi Material:

Ir. Chris Wardhana, MT

Dr. Ir. Hery Budianto, MT

Ir. Joko Sumiyanto, MT

Restu Faizah, ST, M.Eng

Hermawan Ardiyanto, ST, MM

Anami, ST, MBA

Ibnu Syamsi, ST, M.Eng

Ashar Saputra, ST, MT, Ph.D

Bidang Lingkungan Hidup dan Pemberdayaan Masyarakat:

John Odhius, ST

Aryanto Nugroho, ST

Bidang Pembiayaan Infrastruktur:

Leny Maryouri, ST, M.Sc.

Samsul Purba, ST

Bidang Geoteknik:

Budiwan Aditirta, ST, M.Sc

Faisal Fathani, ST, MT, PhD

Bidang Kebijakan dan Reformasi Sektor Publik: 

Ir. Cholid Mahmud, MT

Dr. Doni Muhardiansyah

Andi Rahmah, ST, MT

Anwar Hanifuddin, ST, MT

Achmad Trunajaya, ST

Bidang Manajemen Proyek dan Properti:

Ir. Ahmad Munaji

Ir. Joko Purnomosidi

Ir. B. Agus Triharjono

Ir. Sri Susilatama, MT

Ir. Aan Supriadi

Ir. Sri Winarti

Dana Magenda, ST